Selasa, 25 Desember 2012

Alat diving yang wajib dimiliki pemula



Kalau berdansa dengan spanish dancer di Bandaneira atau berenang dengan manta ray di kepulauan Komodo jadi wisata favorit Anda saat ini, jangan lupakan peralatan diving berikut.
INDONESIA tidak cukup dinikmati daratnya saja. Ada 4.000 spesies ikan ditemukan di perairan Indonesia, artinya lebih dari 25% spesies yang ada di planet ini. Inilah alasan kuat mengapa diving mulai digandrungi wisatawan domestik.

Ikan badut di pulau biawak 

Ikan badut di perairan Pulau Biawak, Indramayu (madalkatiri.com)
Bisa snorkeling, senang hangout di pantai, tapi takut diving? Jangan khawatir, diving tidak seseram bayangan Anda. Begitu paham alatnya, diving perkara mudah dan Anda bisa lebih leluasa menyelami bawah laut Indonesia untuk menemukan panorama yang berbeda dari di darat.
Nah, orang bilang diving termasuk salah satu hobi yang banyak printilan dan aksesoris. Memang benar, tetapi pemula cukup perlu tahu bahwa ada peralatan krusial yang wajib dibawa menyelam.
Operator selam menyediakan sebagian besar peralatan tersebut, toh ada baiknya mulai mencicil beberapa perangkat sendiri jika ingin beranjak dari pemula ke tingkat penguasaan selam yang lebih tinggi. So if  dancing with spanish dancer of Bandaneira or swiming with manta ray along the coast of Komodo Islands sounds like something you could get into, berikut alat diving yang wajib dimengerti.

Scuba diving

DISCOVER SCUBA DIVING
Penasaran mencoba petualangan bawah laut tapi belum yakin untuk mengurus sertifikat diving, sebaiknya ikut dulu kelas pengenalan dasar alias Discover Scuba Diving. Di kelas ini, wisatawan akan memperoleh teori dasar, pelajaran di kolam atau laut dangkal, orientasi peralatan, dan satu kali pengalaman diving ditemani instruktur profesional.

Sertifikat
Kepincut diving setelah pengalaman menyelam pertama? Nah, berarti saatnya Anda mengantongi sertifikat. Memiliki sertifikat diving artinya Anda lulus kursus diving yang biasanya digelar dalam 3-4 hari. Materi kursus mencakup prinsip akademis dibalik diving dan Anda sudah menguasai kemampuan dasar – seperti melepas masker dan mouthpiece saat berada di bawah air. Kedengarannya sulit, tetapi begitu sertifikat diving di tangan, Anda bisa membawanya ke mana saja. Entah itu menyelam di Raja Ampat, kepulauan Komodo, atau di negara lain seperti Karibia misalnya.

Belut diperairan Ambon 
 Belut di perairan Ambon, Maluku

Buoyancy Control Device (BCD)
BCD adalah jaket yang biasanya dipakai semua penyelam. Selang inflator menghubungkan BCD dengan tangki oksigen. Dan, terdapat dua tombol inflate dan deflate pada BCD supaya penyelam bisa mengatur takaran udara yang tepat sehingga tubuh bisa lebih seimbang di bawah air.
Semakin banyak udara dalam jaket, tubuh Anda akan naik. Semakin sedikit maka Anda akan turun. Target utama dari pengaturan udara ini ialah memperoleh keseimbangan netral sehingga penyelam dapat bebas berkeliaran di bawah laut layaknya seorang astronot di luar angkasa.

Regulator
Yang satu ini adalah alat yang memungkinkan Anda bernafas di bawah laut. Terdapat katup khusus yang akan mengatur aliran oksigen saat penyelam menarik nafas. Saat penyelam menghembuskan nafas, regulator melepaskannya dalam bentuk gelembung.
Sekarang setiap penyelam umumnya memiliki regulator cadangan. Saat ada gangguan di regulator utama, mereka dapat menggunakan yang cadangan. Alasan lain, regulator cadangan ini dapat digunakan oleh penyelam lain untuk memberikan oksigen saat rekannya kehabisan oksigen atau biasa disebut buddy-breathe.

Depth – pressure gauge – watch
Depth gauge membantu penyelam mengetahui level kedalaman mereka saat berada di bawah air. Dalam kelas sertifikasi, penyelam juga akan belajar bahwa di kedalaman tertentu mereka hanya punya waktu singkat. Ini terkait kadar nitrogen. Itu sebabnya penting sekali untuk selalu punya perencanaan yang mencakup berapa kedalaman maksimum yang ingin Anda jelajah.
Depth gauge sepaket dengan pressure gauge, yang akan membaca berapa oksigen yang tersisa dalam tangki. Untuk alasan keamanan, penyelam umumnya tidak menguras isi tangki scubanya sampai benar-benar habis. Jadi bukan berarti ada sisa oksigen maka Anda bisa lebih lama di bawah air.
Dan yang terakhir adalah jam antiair yang dilengkapi baterai yang bagus. Jam ini seharusnya bisa berfungsi hingga kedalaman 150 kaki. Kombinasi antara waktu yang dihabiskan di bawah air dan level kedalaman akan menjadi acuan untuk menentukan berapa jam terbang menyelam Anda.

Masker – fins – snorkel
Tiga perangkat ini biasa digunakan juga untuk snorkeling. Biarpun terkesan dasar sekali, tetapi fungsinya jangan dipinggirkan. Justru masker yang baik adalah elemen terpenting saat menyelam. Struktur wajah setiap orang berbeda maka masker pun menjadi sangat personal. Masker yang mudah kemasukan air akan mengganggu perjalanan menyelam Anda. Jadi, sisihkan waktu untuk mencari masker paling nyaman buat Anda.
Snorkel memang tidak termasuk perangkat diving. Tetapi alat ini bisa jadi pilihan saat berada di permukaan air, ketimbang menghamburkan oksigen dalam tangki lewat regulator.
Adapun, semakin panjang fins (buat yang belum pernah mendengar fins, ini semacam sepatu katak) maka semakin laju gerakan Anda di bawah laut. Sesekali, saat diving penyelam perlu berenang melawan arus untuk kembali ke kapal. Saat itulah Anda akan sangat terbantu dengan membeli fins yang sedikit mahal tetapi andal saat dipakai berenang.

Pemberat
Pemberat sangat krusial dalam mengatur keseimbangan Anda di bawah air. Nyaris tidak mungkin Anda bisa turun menyelam tanpa bantuan alat yang satu ini. Tanpa pemberat, manusia cenderung mengapung.
Ada rupa-rupa pemberat. Ada yang dipakai sebagai ikat pinggang, ada pula yang terintegrasi dalam  BCD. Beberapa faktor yang memengaruhi bobot pemberat antara lain jenis kelamin, tempat menyelam apakah di air asin atau payau, atau ketebalan pakaian selam.

Tangki scuba
Yang terakhir adalah tangki. Ukuran tangki bervariasi sesuai dengan panjang tubuh penyelam. Adapun isinya yakni percampuran gas yang dibutuhkan manusia saat berada di bawah air. Walaupun sebagian besar operator akan mengisi tangki menggunakan kompresor udara, ada baiknya untuk menghirup udara yang keluar dari tangki sebelum Anda menggunakannya di bawah air. Jika tercium bau seperti telur, asam, atau berbau busuk, segera beri tahu instruktur selam.

Derawan kalimantan timur 
Sekitar Derawan, Kalimantan Timur

Peralatan berikut tidak wajib tetapi dapat membantu penyelam: pisau selam, senter bawah air, sarung tangan, wetsuit, hood, safety sausage, perangkat bunyi-bunyian, gel untuk masker, cincin karet untuk tangki udara, papan dan pensil bawah laut, dan kamera bawah laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar